PORTAL REDAKSI

Berita Terbaru, Online, Terupdate dan Teraktual

Masa Sih Dengan Menangis Lepas Bisa Menurunkan Berat Badan

Artikel terkait : Masa Sih Dengan Menangis Lepas Bisa Menurunkan Berat Badan

Masa Sih Dengan Menangis Lepas Bisa Menurunkan Berat Badan
Menangis Lepas Bisa Menurunkan Berat Badan

PORTAL REDAKSI - Seorang pakar menyebut tangisan lepas bisa membantu menurunkan berat badan. Sains bisa menjelaskan klaim tersebut, namun keraguan tentangnya juga bermunculan.

Klaim bahwa menangis bisa menurunkan berat badan antara lain muncul dari pernyataan dr Pete Sulack, yang menyebut tangisan yang sehat bisa meredakan stres. Perubahan hormon yang terjadi berhubungan juga dengan metabolisme lemak di dalam tubuh.

Sebuah penelitian di St Paul Ramsey Medical Center mengungkap bahwa air mata mengandung sejumlah hormon stres seperti prolactin, adrenocorticotropic, dan leucine enkephalin. "Semua itu diproduksi oleh tubuh manusia saat berada dalam kondisi stres," kata dr Pete, dikutip dari PopSugar, Minggu (24/7/2016).

Berkurangnya hormon stres, menurut dr Pete membuat sistem metabolisme berubah. Saat tubuh merasa lebih rileks, penumpukan lemak berkurang sehingga lebih mudah untuk menurunkan berat badan.

Namun dalam praktiknya, efek menangis terhadap metabolisme dinilai tidak seberapa besar. Pakar kesehatan dari Yerevan State Medical University, dr Robert Petros dalam artikelnya di Livestrong menyebut secara fisik mengangis hanya membakar sedikit sekali kalori.

Bahkan ia mengingatkan, kadang-kadang menangis juga merupakan gejala depresi. Penurunan berat badan saat seseorang menangis karena depresi bisa saja terjadi bukan disebabkan oleh perubahan laju metabolisme, melainkan oleh hilangnya nafsu makan.





Sumber : detik.com

Artikel PORTAL REDAKSI Lainnya :

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2015 PORTAL REDAKSI | Design by Bamz