PORTAL REDAKSI

Berita Terbaru, Online, Terupdate dan Teraktual

Bantu Share!!! Diabetes Mellitus, Salah Satu Penyebab Katarak di Indonesia

Artikel terkait : Bantu Share!!! Diabetes Mellitus, Salah Satu Penyebab Katarak di Indonesia

Bantu Share!!! Diabetes Mellitus, Salah Satu Penyebab Katarak di Indonesia
Bantu Share!!! Diabetes Mellitus, Salah Satu Penyebab Katarak di Indonesia

PORTAL REDAKSI - Sudah bukan rahasia lagi bahwa diabetes mellitus merupakan penyebab berbagai penyakit kronis. Mulai dari penyakit jantung, stroke, demensia, bahkan penyakit mata seperti katarak.
"Apabila kadar diabetes mellitusnya tinggi, itu membuat katarak di mata menjadi lebih cepat terbentuk daripada biasanya," ujar dr Nashrul Ihsan, SpM, Ketua Pelaksana '910 Operasi Katarak Gratis' saat ditemui di RS Mata JEC, Kedoya, Jakarta Barat, Sabtu (23/07/2016).

Kondisi ini menurut dr Nashrul dikarenakan oleh kadar gula yang tinggi sehingga sel-sel lensa menjadi lebih cepat rusak. Akibatnya, katarak menjadi lebih cepat muncul. Maka dari itu, diperlukan pencegahan sedini mungkin untuk melakukan pencegahan.

"Salah satu pencegahannya bisa dengan rutin mengontrol gula darah," lanjut dr Nashrul.
Katarak juga bisa disebebkan oleh paparan sinar ultra violet. Presiden Direktur JEC sekaligus Direktur Utama JEC Kedoya, dr Johan A Hutauruk, SpM(K), menyarankan untuk mulai melakukan pencegahaan sendini mungkin. Misalnya dengan menggunakan kacamata hitam ketika bepergian atau tidak memandang langsung ke arah matahari.

"Selain itu perlu juga dilakukan pola hidup sehat. Makan makanan bergizi, jangan lupa olahraga. Kalau sehat kan akan terhindar dari penyakit lain yang bisa meningkatkan risiko katarak," tutur dr Johan saat ditemui beberapa waktu lalu.

Perlu diketahui, katarak merupakan penyakit degeneratif yang bisa menyerang semua orang. Sebanyak 90 persen orang akan mengidap katarak ketika berusia di atas 70 tahun. Sementara sisanya mengidap katarak ketika menginjak usia 50 tahun.

Data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut dari 285 juta pengidap gangguan penglihatan di seluruh dunia, 51 persen di antaranya diakibatkan oleh katarak. Di Indonesia sendiri diperkirakan ada satu pasien katarak baru di antara 1.000 orang.




Sumber : detik.com

Artikel PORTAL REDAKSI Lainnya :

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2015 PORTAL REDAKSI | Design by Bamz